Biaya Desain Interior Kantor Murah Hasil Terbaik
Desain Interior Kantor

Ingin tahu berapa Biaya Desain Interior untuk Kantor? Dan berapa biaya rata-rata yang harus Anda siapkan untuk desain interior kantor? Pertanyaan ini bisa saja muncul ketika Anda baru pertama kali pindah kantor atau ingin melakukan penyegaran kembali ruang kantor yang perusahaan Anda tempati.

Biaya untuk menyewa kantor sudah cukup menguras pikiran, karena harus menyesuaikan dengan kebutuhan serta keuangan kantor. Kemudian juga harus memikirkan biaya untuk dekorasi dan desain kantor lagi. Namun biar bagaimanapun, ketepatan dalam menyusun desain interior kantor tidak hanya berimbas pada estetika semata, melainkan juga pada efisiensi kinerja dan produktivitas karyawan.

Nah untuk menjawab pertanyaan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan desain interior menggunakan jasa profesional, memang tidak bisa dijawab langsung dengan angka. Setidaknya Anda harus tahu beberapa hal dasar terlebih dahulu untuk bisa estimasi harga.

Biaya Desainer Interior Kantor

Seorang desainer interior memulai pekerjaannya dari mendengarkan apa yang klien inginkan. Dari situ, desainer kemudian merepresentasikan ke dalam gambar 2 dimensi. Kemudian bila klien oke, maka akan dilanjutkan dengan membuat bentuk 3 dimensi.

Bagi yang masih bingung mencari acuan dalam menentukan biaya desain interior kantor, Anda bisa menerapkan beberapa cara perhitungan jasa yang cukup mudah. Cara perhitungan ini kebanyakan diterapkan para desainer di Indonesia. Berikut beberapa penjelasannya

Cara Perhitungan Tarif Desain Interior Bangunan

1. Kerumitan konsep

Untuk konsep interior kantor biasanya lebih rumit dibandingkan konsep ruangan residensial pada umumnya. Kerumitan konsep ini terjadi karena seorang desainer biasanya tidak hanya akan dituntut untuk mengeksplor ide serta konsep baru. Melainkan juga harus memastikan semua hasil rancangannya bisa diimplementasikan dengan teknik tepat.

Hal ini juga mengacu pada proses mendapatkan material dan penggunaannya yang mudah. Semakin rumit konsep, maka biayanya akan semakin tinggi. Hal ini sebanding dengan tenaga dan berbagai hal yang dikeluarkan oleh desainer.

2. Total Luas Bangunan yang akan Didesain

Secara matematis, mendesain satu ruangan terbilang lebih mahal dibandingkan beberapa ruangan sekaligus. Biasanya seorang desainer memiliki standar charge minimum bagi kliennya. Apabila konsep ruangan kantor cukup luas, maka menggunakan sistem satu ini bisa menjadi pilihan untuk menghemat biaya desain.

Tiap desainer memiliki cara perhitungan yang berbeda terkait dengan luas bangunan. Tetapi setidaknya secara umum dibagi menjadi tiga cara menghitung biaya desain interior berdasarkan luas bangunan.

Berikut 3 Cara Menghitung Biaya Desain Interior Ruangan Berdasarkan Luas Bangunan

1. Permeter persegi

Di kota-kota besar seperti Jakarta, rata-rata harga jasa desainer interior yang sudah tersertifikasi berkisar Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000 per meter persegi. Perhitungan tersebut mengacu pada luas per meter pesegi total ruangan yang akan didesain.

2. Per view

Perhitungan per view mengacu pada jumlah view yang diminta. Seorang Desainer biasanya menghitung total jumlah ruangan serta view yang akan didesain. Dalam perhitungan tersebut, semakin banyak view, maka harganya semakin murah. Untuk metode perhitungan ini, range harganya mencapai Rp 300.000 s/d Rp 800.000.

3. Prosentase

Dalam perhitungan berdasarkan prosentase, tarif dihitung dari prosentase total biaya produksi. Umumnya besaran presentase dihitung kisaran 2 sampai 5% dari total biaya produksi yang sebelumnya telah disepakati.

4. Hanya menjual jasa desain

Biaya dalam membayar desain interior juga bisa dipatok hanya dari biaya gambar desainnya saja. Harga tiap desain pun bervariasi tergantung dari tingkat kerumitan interior ruangan yang diinginkan. Semakin sulit desain interior kantor, maka harga per desainnya akan semakin tinggi juga.

5. Design and build

Perhitungan berdasarkan design and build berarti klien dapat meminta jasa desain sekaligus pengisian furniture. Hal ini juga mencakup pengecatan plafon, pemasangan lantai, plafon, hingga lighting. Bagi yang menginginkan kepraktisan, konsep design and build bisa menjadi acuan Anda dalam menentukan operasional desain interior sekaligus negosiasi harganya.