Perancangan Konsep Desain Bangunan Oleh Jasa Kontraktor & Arsitek
Desain Bangunan Gedung

Perancangan Konsep Desain Bangunan Oleh Jasa Kontraktor & Arsitek – Untuk pembangunan seperti rumah kost ataupun apartment dibutuhkan desain bangunan sebagai awal perancangan pembangunan nantinya. Perancangan adalah kegiatan membuat gambaran bangunan yang akan didirikan. Semua membutuhkan perhitungan yang tepat. Salah perhitungan akan membuat bangunan tersebut tidak bisa berdiri atau tidak akan bertahan lama. Padahal, kita tentu ingin memiliki hunian yang bisa tahan dari ancaman alam seperti iklim dan kebisingan eksternal.

Perancangan tersebut adalah pekerjaan tersendiri yang perlu memadukan banyak pertimbangan. Bangunan bisa berdiri tidak selalu tentang bagaimana perhitungan matematisnya, Unsur estetika juga diterapkan pada pengerjaan bangunan tersebut, hingga aspek psikologis penghuninya. Secara Konsep, kegiatan perancangan dalam desain arsitektur umumnya dibagi menjadi 4 aspek rancangan. Berikut penjelasannya !

4 Aspek Rancangan Konsep Desain Bangunan

1. Merancang Bagian Bawah dari Bangunan

Output dari pecancangan ini adalah bagaimana bentuk pondasi, dasar lantai, serta halaman dari suatu bangunan. Pada saat merancang bagian bawah perlu menentukan terlebih dahulu gaya arsitektur bangunan yang diinginkan.

2. Merancang Bagian Tengah Bangunan

Unsur-unsur bangunan yang di pikirkan rancangannya dalam bagian ini adalah unsur seperti dinding, pintu, dan jendelanya. Menentukan berapa jumlah ruangannya, ukuran pintu, jendela, penetapan sistem sirkulasi udara, beserta material yang di gunakan harus diperhatikan pada perancangan bagian ini.

3. Merancang Bagian Atap Bangunan

Kemudian pada bagian atap mulai dirancang dan juga pada bagian penopangnya. Gaya arsitektur yang dipilih untuk desain atapnya akan mempengaruhi bagaimana hasil akhirnya. Apakah bergaya mediterania, modern, minimalis, atau bahkan kontemporer yang masing-masing gaya berbeda dalam membentuk konsruksi dan penutup atapnya.

4. Merancang Bagian Interior dan Eksterior Bangunan

Hasil rancangan bagian interior dan eksterior sangat menentukan tingkat keunikan, kreasi, inovasi, dan keindahan dari bangunan Anda. Pada hakekatnya memang interior dan eksterior berfungsi untuk mempercantik tampilan suatu bangunan. Jika dalam pembuatan buku ada editor yang merancang desain tulisan, pewarnaan, cover, dan gambar-gambar penujangnya. Maka dalam Arsitektur juga sama dengan melibatkan perancangan di dalam rumah dan di luar bangunan untuk menampilkan hunian yang sedap dipandang atau istilah lainnya adalah eyecatching.

Semoga informasi tentang Perancangan Konsep Desain Bangunan Oleh Jasa Kontraktor & Arsitek Dapat membantu dan menjadikan referensi.