Perhitungan Struktur Atap Gedung
Perhitungan Struktur Atap Gedung

Struktur Atap Gedung – Pada perhitungan struktur atap gedung dari kuda-kuda baja konvensional dalam perencanaan konstruksinya dibuat sesuai dengan Pedoman Perencanaan Bangunan Baja Indonesia (PPBBI), dan SK SNI untuk baja tahun 2002 sedangkan untuk perhitungan struktur atap gedung dari baja ringan (smartruss) dalam perencanaan konstruksi perhitunganya menggunakan program AS-4600-96 (Australian/NZ limit state).

Penentuan Material Perhitungan Struktur Atap Gedung

Pada struktur atap gedung ini memiliki bentang kuda–kuda 18 m. Baja dipilih sebagai material struktur atap dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut :

  1. Dengan bentang yang sama, jika menggunakan material kayu tidaklah efektif, dikarenakan memerlukan dimensi yang besar, sambungan untuk batang tarik dan tekannya berbeda dan cukup rumit, selain itu pula keterbatasan material kayu di pasaran yang menyebabkan harga kayu mahal, pemasangannya yang memerlukan waktu yang cukup lama.
  2. Dengan bentang yang sama, jika menggunakan material beton kesulitan pelaksanaan pengecoran menjadi perhatian utama. Yaitu sesuai dengan bentuk kuda–kuda pengecoran miring cukup sulit dikerjakan di lapangan. Selain itu pula memerlukan perancah, pemasangan bekisting, menunggu beton kering, pembongkaran bekisting sehingga kurang efisien terhadap waktu dan biaya.
  3. Untuk bentang 18 m, pemilihan material baja sangatlah tepat karena sambungan untuk batang tekan dan tariknya sama sehingga memudahkan dalam pelaksanaannya.
  4. Dengan panjang di pasaran umumnya 12 meter, dapat meminimalkan sambungan yang diperlukan.
  5. Pelaksanaan yang lebih mudah dan praktis, lebih efisien dalam waktu dan biaya.

Pemeriksaan keamanan profil berdasarkan konsep LRFD. Keadaan batas kekuatan yang berpengaruh bagisuatu batang tarik dapat berupa pelelehan penampang lintang bruto batang pada tempat yang jauh dari titik sambungan dan retakan dari luas bersih efektif (yaitu melalui lubang–lubang) pada sambungan. Sedangkan pada batang tekan untuk profil ganda perlu diperiksa faktor tekuk pada sumbu bahan dan sumbu bebas bahan.

Jika Anda membutuhkan Layanan Jasa Hitung Struktur untuk sebuah bangunan seperti Gedung, Rumah, Gudang, dan lain sebagainya, Hutama Gedung solusi utama untuk Anda. Ingin mendapatkan penawaran harga yang murah proyek yang berkualitas, segera hubungi Admin Hutama Gedung di Nomor 081216902646.